Beautiful Sunset

There is always something to be thankful for. Example, this pic. :)

Hidangan Favorit Berbuka Puasa Versi Ega

Alhamdulillah akhirnya ketemu lagi dengan bulan Ramadhan. Bulan yang penuh hikmah, barokah dan pahala serta tidak lupa hidangan berbuka yang istimewa. Nah tanpa perlu berbasa basi lagi berikut hidangan favorit gue untuk berbuka puasa.

10. Lumpia Goreng

9. Kolak Pisang

8. Somay

7. Es Kelapa Muda

6. Lontong Oncom Bumbu Kacang

5. Es Campur

4. Gorengan

3. Kurma

2. Spageti

1. Teh Manis Panas

Nahhh..berikut adalah hidangan yang hampir tiap tahun jadi menu wajib berbuka gue. Sebenernya ada beberapa lagi sih, tapi gue pilih yang paling sering gue makan dan minum pada saat berbuka puasa. Nahh..udah ada ide kan untuk menu berbuka nanti. Atau mungkin ada menu baru, bisa kasih tau gue yaaaa :)

xoxo

ega

Danau Toba, Aku ‘kan Kembali..

Ini adalah pengalamanku yang pertama kali jalan-jalan ke Sumatera Utara, entah mengapa aku tidak peduli ketika orang mencibir dengan pertanyaan “emang ada apaan di Medan?” tapi aku tetap tertarik untuk pergi kesana.

Pagi itu aku dan beserta 5 temanku pagi-pagi sekali sudah nangkring dibandara Soetta terminal 3. Kami berangkat waktu penerbangan 5.20 pagi, butuh sekitar sepersekian menit untuk dapat menyadarkanku dari kantuk yang menggelayuti mataku. Akhirnya kantukku pun hilang ketika pesawat take off menuju bandara Polonia. Medan. Tibalah pukul 8.30 aku sampai dibandara. Syukur Alhamdulillah, aku dan teman-teman sudah ditunggu oleh pak sopir penyewaan mobil kami. Karena aku dan teman-teman belum sempat sarapan, akhirnya kamipun diajak menikmati sarapan khas medan, yaitu lontong Medan. Berikut penampakannya :

Rasanya tidak jauh beda dengan lontong sayur pada umumnya, tetapi yang menjadi ciri khas adalah sambel dan serundeng diatasnya. Menambah nikmat selera!!

Setelah puas mengisi perut untuk sarapan, tujuan berikutnya adalah Danau Toba. Perjalanan ini cukup jauh untuk ditempuh dari Medan, memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan mata kami hanya dimanjakan dengan perkebunan karet yang membentang berkilo-kilo meter panjangnya, dan sempat tertidur selama diperjalanan. Tiba dipelabuhan Parapat waktu menunjukkan 12.30 siang, karna pukul 14.30 kami sudah harus menyebrang menuju Samosir, akhirnya kami makan diresto Padang sekitar Parapat.

Akhirnya aku dan teman-teman pun menyeberang. Untuk mencapai tujuan (Pulau Samosir) dibutuhkan waktu sekitar 45 menit, tidak terlalu lama sehingga tidak merasa jenuh disepanjang penyebrangan. Tiba dipulau Samosir sudah agak sore. Aku dan teman-teman ingin mengejar ke Parbaba pantai pasir putih dipulau Samosir, dikarenakan sore tersebut hujan akhirnya kami langsung menuju kepenginapan.

Hari esoknya, aku dan teman-teman mengejar sunrise didanau Toba. Tidak perlu mengejar,karna pemandangan tersebut sudah tersedia didepan mata kita! Berikut pemandangannya :

Lihat!! Indah sekali bukan, aku bisa jamin kalian yang melihat pemandangan tersebut pasti akan iri dan ingin berfoto seperti ini juga :D

Tak sampai disitu saja keindahannya Danau Toba, sebelum aku pergi kedestinasi selanjutnya tak lupa aku berfoto layaknya seorang boss :D

setelah check out dari penginapan, destinasi selanjutnya adalah Sigale-Gale, masih didaerah Pulau Samosir, tempat ini merupakan pemakaman raja-raja Batak. Dan tidak pula ada beberapa spot menarik untuk diambil fotonya. Berikut contohnya :

ini adalah Patung Sigale-Gale, patung putra raja Manggale.

Okeh, saatnya harus menyebrang kembali untuk destinasi selanjutnya yaitu Berastagi! Yeaayyy….

Penyeberangan kali ini melalui Pelabuhan Simanindo yang tak kalah cantik dengan pelabuhan Parapat. Kalau dari sini, hanya dibutuhkan waktu 30 menit untuk sampai dipelabuhan.

Lihat! Indah sekali bukan, warna airnya yang hijau kebiru-biruan membuat aku terbuai dengan pemandangannya. Ahh…indah sekali ciptaan Tuhan ini…

Dengan tujuan berikutnya yaitu Berastagi, kami ingin mampir dulu nih di Air Terjun Sipiso-Piso. Air terjun yang katanya bagus, dan tajam seperti piso. Ternyata benar, sampai disana aku lagi-lagi disajikan pemandangan yang Subhanallah bagusnya.

gambar ini diambil dari atas, kalau ingin melihat air terjunnya harus menuruni anak tangga sekitar 1000an anak tangga. Lelah? Pasti. Tapi terbayar ketika kamu sudah sampai dibawah sana. Karena perjalanan menuju kebawah cukup melelahkan. Tak lupa sambil membawa kipas elektronik serta tempat minum yang kubeli di Ace Hardware menemani perjalananku menuju muara Air Terjun Sipiso-Piso. Namun, karna aku kelelahan dan waktu yang terbatas akhirnya aku memutuskan untuk kembali keatas.

Perjalanan selanjutnya yaitu Berastagi! Aku dan teman-teman sampai di Berastagi sudah menjelang sore, kamipun mampir kesalah satu tempat berdoa orang Budha yaitu Lumbhini Temple. Berikut penampakannya :

Lihaattt….indah sekali bukan? iya Temple ini ada di Berastagi, Indonesia!! Jadi kalian nggak perlu jauh-jauh ke Thailand hanya untuk melihat Temple ini. Cukup datang ke Berastagi dan…..violaaa…. :D

Hari terakhir, akhirnya aku dan teman-teman kembali ke Medan, di Medan kami membeli oleh-oleh bolu Meranti dan kue Bika Ambon. Oh iya… kami juga sempat mampir ke Istana Maimoon yang terletak dipusat kota lhoo… Interiornya bagus dan sangat kental tradisi Melayu.


Pada pukul 5 sore akupun harus kembali ke Jakarta, sayangnya begitu banyak tempat di Sumatera Utara ini yang belum aku datangi. Aku berjanji pada diriku sendiri, untuk kembali kesini. Ya…Danau Toba dan Medan aku ‘kan kembali :)

xoxo
-ega-

Review Awam : Silver Linings Playbook

Hai, kali ini gue akan membahas tentang film Silver Linings Playbook yang baru banget gue tonton semalem. Bercerita tentang dua orang yang terkena mental institution yang baru saja keluar dari rehab. Singkatnya, dua orang ini saling membantu untuk menyembuhkan satu sama lain in a unique way.

Film ini memang bergenre rocom atau romantic comedy tapi sang sutradara David O. Russell mengemas film ini begitu ciamik. Bermula dari kisah Pat Solatano Jr (Bradley Cooper), yang baru keluar dari rehab setelah ia terkena mental disoster karena ia diselingkuhi oleh istrinya, kemudian ia pulang dan tinggal bersama orang tuanya. Ia masih mencintai istrinya namun ia tidak tau bagaimana ia bisa menghubungi istrinya setelah delapan bulan lebih ia ditinggalkan. Lalu, ia dipertemukan dengan Tiffany Maxwell (Jennifer Lawrence) yang sama-sama terkena mental disorder setelah suaminya meninggal dalam kecelakaan.  Tiffany ingin membantunya sebagai perantara Pat dan Nikki (istri Pat) berkomunikasi melalui surat, namun tentu saja Tiff menginginkan timbal balik yaitu menginginkan Pat sebagai partner dalam lomba dansa. Disini cerita tersebut dimulai.

Menurut gue film ini bukan hanya sekedar rocom biasa, didalamnya tidak hanya membahas dua orang yang akhirnya jatuh cinta tapi juga tentang kepedulian terhadap penyakit mental, kegemaran akan olahraga dan kasih sayang keluarga terhadap satu sama lain. Film ini begitu hangat sehingga gue bisa ikut hanyut dalam ceritanya. Jalan cerita film ini juga simple dengan gaya bahasa sehari-hari yang tidak kaku. Kadang gue ketawa, haru dan sedih hanya karna kata-kata yang diucapkan oleh para pemerannya bukan karena adegan filmnya yang dirancang untuk membuat para penontonnya menangis.

Didukung oleh pemain kawakan seperti Robert De Niro, Jacky Weafer dan Chris Tucker mereka tidak hanya sebagai figuran tetapi mereka menyatu dengan alur cerita dan mempunyai keunggulan diperannya masing-masin dalam film ini.

Gue nggak bisa menilai apakah akting mereka jelek atau bagus. Tapi secara keseluruhan, gue menikmati film ini. Gue menikmati akting mereka, dua jam kurang lebih film ini diputar, nggak satu menitpun gue merasa bosan. Ngga heran film ini masuk dalam ajang penghargaan bergengsi seperti Golden Globes dan Academy Award, karena memang layak untuk dinominasikan dalam ajang penghargaan tersebut.

Dan ya kali ini gue mau bilang lagi, film ini bagus dan wajib untuk ditonton untuk kalian yang ingin menikmati film rocom tapi ngga biasa :D

Cheers,

ega

In Memoriam Briggita Fitri Niatri

Begitu banyak kenangan dengan sahabat gue,  Fitri, selama kurang lebih hampir tujuh tahun kita kenal dan kita deket. Tiga tahun kuliah ditempat yang sama. Dari semester pertama nggak satu semesterpun kita sekelas. Lucunya kita selalu pulang kuliah dan terkadang berangkat kuliah bareng. Senin sampai Jumat full gue selalu bareng sama dia. Awal gue kenal dengan Fitri dari teman SMA gue yang daftar ditempat kuliah yang sama. Gue dikenalin sama dia, dan kita ngobrol langsung nyambung.

Jadi inget waktu Ospek gue, Fitri, dan ketiga teman gue Gita, Diana dan Vanny kost selama tiga hari hanya supaya kita nggak telat datang Ospek. Mulai dari situ gue deket dengan Fitri. Banyak yang bilang Fitri itu pendiam, tertutup dan kalem. Tapi ketika gue ngobrol sama dia, image itu hilang. Dia bisa jadi orang cerewet, tertawa begitu lepas dan seperti mesin dia ngga bisa berhenti ngobrol. Kalo mesti dirunut dari awal kuliah, 80 persen ya pergaulan gue sama Fitri. Fitri itu anaknya nggak tegaan, dia nggak sungkan-sungkan untuk bantuin temennya kesusahan. Contohnya gue, lima semester tiap UTS atau UAS ujian aplikasi komputer dia SELALU bantuin gue belajar. Inget banget, Fitri sampe rela sampe malem-malem nyari warnet buat ngajarin gue aplikasi komputer padahal dia sendiripun belum ujian. Kadang gue mikir, gue itu beruntung banget bersahabat sama dia. Dia tulus bantu gue, nggak hanya gue tapi dia memperlakukan temen-temen lainnyapun sama.

Ada lagi kejadian ditahun 2007, pas banjir besar dijakarta dan hari terakhir UAS semester I. Gue sama dia pagi-pagi banget berangkat kekampus, padahal hujan gede dan air sudah mulai meluap. Ketika sampai dikomplek kostan kita sudah liat air semata kaki. Gue inget banget, gue ngomong gini ke Fitri “Fit, itu jalanan kayak lautan coklat. Nekat nggak nih kita kesana?” dikarenakan UAS akhirnya gue menerjang jalanan yang mulai banjir namun ternyata akses kekampus sudah nggak bisa dilewatin lagi akhirnya kita berteduh dikostan temen kita. Dapat info bahwa ujian dibatalkan nggak membuat kita senang hati karena ternyata banjirnya makin parah. Waktu itu gue dan Fitri kelaperan karna emang dikosan lagi nggak ada makanan akhirnya Fitri nekan nyemilin coffee mix. Karena gue, Fitri dan dua temen gue Gita dan Ayya udah pada nggak tahan pengen pulang kita nekat mau nerjang banjir! Untungnya ada temen Gita yang rumahnya nggak jauh dari kosan mau evakuasi kita. Itu pertama kalinya gue ngadepin banjir dan tinggi pula, seleher gue banjirnya!
Itu pengalaman yang memalukan sekaligus yang nggak bakal gue lupain bareng Fitri dan temen-temen gue.

Fitri itu sahabat, saudara, temen curhat, temen tidur kalo lagi nginep, kakak, dan guru.

Berikut sebagian foto-foto kita :)

Ini waktu kuliah semester awal di Tarakanita :)

Ini nih yang waktu gue lagi nginep dikosan karna ujian Komputer! Kita foto box waktu abis belajar diwarnet :)

Gerak jalan Tarakanita di Bundaran HI

Nonton democrazy di Metro TV

Pengantar Prakterin di Aula Tarki

Temu kangen waktu kita semua lagi sibuk nyusun Tugas Akhir

Kita wisuda juga! Alhamdulillah :)

Jaman waktu gue masih nyari-nyari kerja setelah lulus. Kita buka puasa bersama di Semanggi, tadinya banyak yang ngumpul dan selalu berakhir dengan jalan berempat. Gita, Ega, Fitri dan Ayya :)

Karna kesibukan masing-masing akhirnya kita jadi jarang ketemu. Syukur kalo ketemuan lengkap, tapi berujung dengan berempat lagi..

Karena Fitri pindah, intensitas gue bertemu sama diapun semakin jarang. Kita komunikasi hanya via telepon dan sms. Tapi karna ada kabar bahagia dari salah satu temen kita, kita kumpul lagi :)

Ini nikahan Niken akhir Juni 2012. Sadly, saat itu adalah terakhir gue ketemu sama Fitri. Setelah bulan itu kita hanya berhubungan via telepon saja.

Terakhir gue telfonan sama dia, kita sama-sama bilang kangen dan ingin sekali ketemu. Guepun janji akan jenguk dia, janji untuk main dan tuker cerita tapi sampai saat dia dipanggil Tuhan gue nggak pernah nepatin. Gue datang ketika dia sudah berbahagia disana.

Fitri, mudah-mudahan Fitri berbahagia ya disana. Nggak ngerasain nyeri lagi, sakit lagi dan nggak bisa tidur lagi. Fitri juga bisa minum es teh manis dan makan gerry chocolatos sepuasnya. Kita disini cuma bisa slalu doain Fitri selalu. Semoga Fitri tenang dan bahagia :’)

Goodbye Fitri..

xoxo

ega

[Awam] Review Movie : Rurouni Kenshin Live

Halooo…tumblr! Setelah kira-kira tiga minggu gue nggak ngepost apapun hari ini Senin tanggal 7 Januari 2013 gue bakal sharing tulisan gue lagi (meskipun masih banyak kekurangan harap dimaklumi ;P).

Jadi hari ini gue akan mereview film yang baru aja gue tonton judulnya adalaahh….*drum roll* RUROUNI KENSHIN LIVE!! Buat kalian para penggemar anime atau yang masa sd dan smpnya dihabiskan didepan tv pasti tau dong ya Rurouni Kenshin ini siapa. Biar nggak salah info boleh cek di http://id.wikipedia.org/wiki/Samurai_X untuk penjelasan singkat tentang Rurouni Kenshin.

Anyway..gue nggak mau bahas tentang latar belakang siapa itu Rurouni Kenshin, yang mau gue bahas adalah filmnya yang diadaptasi dari serial animenya. Jujur, ada ketakutan tersendiri ketika gue tau kalo Rurouni Kenshin ini akan diangkat kelayar lebar versi live. Karna kenapa, gue takut Himura Kenshin ini nggak sesuai dengan khayalan gue selama ini. Himura Kenshin ini digambarkan sosok tubuhnya tidak terlalu tinggi, berambut panjang, dengan pribadi yang pendiam dan misterius. Tapii….setelah gue nonton gue puas banget! Takeru Sato yang memerankan Himura Kenshin ini bermain dengan bagus, tingkat kemiripannya pun bisa dibilang mirip banget dengan karakter difilm kartun manga. Dan gaya Sato dalam berbicara mirip dengan Kenshin diserialnya. Gue pribadi sangat suka dengan para pemain yang memerankan karakter-karakter difilm ini. Mereka semua total dalam memainkan karakter masing-masing. Dan menurut gue mereka berhasil memainkan perannya.

Jalan ceritanya agak spoiler dikit boleh yaa :p. Difilm ini ternyata ngebahas awal mula tentang pengembaraan Himura Kenshin yang ingin melepas sebutannya sebagai Batosai si Pembantai. Dia mengembara sampai berhenti disuatu desa yang pada saat itu sedang kacau. Desa tersebut sedang diteror oleh seorang pembunuh berdarah dingin dengan tersangka utama terduga adalah seorang Batosai si Pembantai. Karena situasi pula akhirnya Kenshin pun mau tidak mau terlibat untuk  mencari tau siapakah pembunuh tersebut dan menyelamatkan Kaoru yang akhirnya ditawan oleh si pembunuh tersebut. Padahal ia berjanji untuk tidak akan menggunakan pedangnya untuk membunuh.  Apakah Kenshin akan kembali membunuh musuhnya? Lantas, gimana dengan janjinya sendiri? Oh iya, difilm ini juga sebagai awal mula Kenshin bertemu dengan Kaoru, Megumi, Yahiko dan Sanosuke Sagara. Gimana kelanjutan ceritanya silakan nonton sendiri yaaa.Gue mau memperkenalkan masing-masing karakter yang muncul difilm ini. Berikut castnya :

1. Takeru Sato sebagai Himura Kenshin

2. Emi Takei sebagai Kaoru Kamiya

3. Koji Kikkawa sebagai Udo Jine

4.Yu Aoi sebagai Megumi Takani

5. Munetaka Aoki sebagai Sanosuke Sagara

Yak begitulah kira-kira review film dari gue. Secara keseluruhan film ini tentunya wajib banget ditonton. Penilaian gue dari 1 sampai 10 film ini ada diangka 8! Mendekati sempurna untuk adaptasi dari sebuah serial kartun. Semoga semua mendapat pencerahan ya dari review gue tersebut. Happy watching! :D

xoxo

ega

Kumpulan Jalan-Jalan Tahun 2012

Tiba juga kita dipenghujung tahun 2012 ini. Banyaaakk banget hal-hal baru yang gue temuin, kerjaan, kegiatan bahkan sampai temen-temen baru! (yeaayy Ega punya banyak temen).

Hal baru yang gue sangat nikmati ditahun ini salah satunya adalah travelling. Oke emang ngga sering gue ngelakuin perjalanan-perjalanan seperti traveler lain yang emang udah seriiinggg banget bepergian. Tapi atleast tahun ini gue pergi kebeberapa tempat yang emang baru gue kunjungin dan gue mendapatkan moment-moment menyenangkan selama perjalanan tersebut. Dan gue akan membagikan kepada kalian sedikit foto-foto selama gue jalan-jalan ditahun 2012 ini. Hope you guys enjoy it!

1. Sawarna Beach, March 2012

waktu ke Sawarna ini jujur aja gue cuma kenal 3 orang disini, dan gue seneeengg banget dapet temen baru pas jalan-jalan ke Sawarna. Yang tadinya diem-dieman didalam bis selama perjalanan, pas sampe kita jadi pada ngobrol seperti kenal udah lama.Gue merasa beruntung menemukan temen-temen baru yang asik ini. Selain bertemu dengan temen baru yang asik, guepun dimanjakan dengan pemandangan pantai yang indaaahh banget (menurut gue). Ini adalah salah satu trip terfavorit gue ditahun 2012 :)

2. Bromo. April 2012

Well..perjalanan dibulan April ini gue pun berkunjung ke Bromo, Jawa Timur. Gue juga baru sekali kesini. Dan agaiiinnn gue speechless karena disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa cantik Subhanallah…perjalanan ke Bromo ini butuh effort yang sangat tinggi buat gue karena pertama gue harus naik kereta ekonomi dari Jakarta ke Malang yang memakan waktu sekitar 18 jam perjalanan! Bayangin, tepos deh tuh pantat -____-*, kemudian karena kondisi gue yang ngga fit sama sekali, selama jalan-jalan ke Bromo ini gue harus menahan mules dan diare yang ngga berenti-berenti. Itu rasanya nyiksaaa banget bangettt!! Tapi dibalik penderitaan gue selama perjalanan, gue cukup puas karena terbayarkan dengan pemandangan yang bener-bener cantik ini. :)

3. Pulau Harapan, Kepulauan Seribu May 2012.

Perjalanan kali ini cukup deket dari rumah (yaa..ngga deket-deket amat sih) yaitu Kepulauan Seribu tepatnya di Pulau Harapan. Oh ya pada dasarnya gue suka banget sama pantai. Gue suka sama suasananya, ombaknya, udara hangatnya, atmosfirnya padahal gue ngga bisa berenang!! Hahahhaa…memalukan yah suka pantai tapi ngga bisa berenang gimana tuh? Yahh ujung-ujungnya cuma bisa maen air ajaa..hehehee.. Di Pulau Harapan ini pantainya juga bagus, pasirnya bersih putih, sayangnya ombaknya ngga ada karna letak pantai ini di Utara Jakarta. So far jalan-jalan kesini juga menyenangkan buat gue.

4. Malaysia dan Singapore, September 2012.

Okee„ditahun ini gue berkunjung kenegara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Malaysia tepatnya Kuala Lumpur, untuk kedua kalinya gue berkunjung kekota tersebut. Boleh dibilang perjalanan ini adalah persiapan yang agak kurang matang (menurut gue) karna awalnya gue emang ngga punya plan untuk jalan-jalan ke dua negara tersebut. Atas dasar tawaran temen yang menggiurkan serta harga tiket pesawat yang murah banget juga, akhirnya gue tergoda untuk ikut. Dikarenakan gue emang ngga berniat jadilah schedule pesawatnya pun berbeda, serta sempet menginap dihotel yang berbeda pulak! Hahahahaa.. for the first time gue berangkat kenegeri orang sendirian! Bayangin, udah kayak TKW gue pergi ke Kuala Lumpur sendirian. Mulai dari naik Damri, check-in counter, nunggu pesawat sampai tiba di KL pun sendirian. Tapi itu pengalaman yang mengesankan banget, atleast gue bisalah jalan-jalan jarak jauh sendirian padahal cukup jiper juga tuh gue!Hahahaha…untungnya karena informasi transportasi yang jelas gue pun sampe dihotel dengan selamat, meskipun rada-rada nyasar dikit tapi berkat bantuan warga yang cukup ramah gue pun sampe hehehe…Lumayan banyak tempat juga yang gue dan temen gue kunjungin disana mulai dari Batu Cave, Bukit Bintang, Suriah KL,dan biar mengirit waktu gue dan temen-temen gue naik bus Hop On Hop Off. Cukup dengan bayar 17 ringgit (harga kartu Mahasiswa) kita udah bisa keliling Kuala Lumpur dengan waktu  maksimal 24 jam! Seru dan murah buat nikmatin KL tanpa harus bingung :D

Oh ya perjalanan gue ini memakan waktu 5 hari. 3 Hari di KL dan 2 Hari di Singapore. Untuk pengalaman yang di Singapore juga ngga kalah seru. Karna jujur gue baru pertama kali kenegara ini jadi gue agak norak norak gimana gitu yahh. Abisnya negara ini itu tertata rapih dan bersih. Berbeda dengan yahhh maaf maaf dengan negara kita Indonesia tercintah. Disana sistem transportasinya bener-bener juara. Ngga ada ngaret, ngga ada penuh sampe desek-desekan pokoknya nyaman dan aman banget deh. Di Singapore ini gue cuma berkunjung ke Universal Studio Singapore dan sisanya jalan-jalan ke Orchard Road serta Marina Bay. Perjalanan gue di Singapore dan KL pun berakhir, gue pulang ke Jakarta sendiri lagiii, karna jadwal penerbangan yang berbeda dengan kedua temen gue. Overall pengalaman jalan-jalan kesini juga bener-bener menyenangkan :)

5. Bali, Desember 2012

Dan yakk tahun ini jalan-jalannya ditutup dengan perjalanan ke Bali!! Yihaaaa…setelah hampir 17 tahun gue ngga ke Bali akhirnya gue menginjakkan kaki gue ditempat gue menghabiskan masa kecil gue. Bali, Island of God. Panorama yang begitu memikat para wisatawan untuk berkunjung kesini, adat istiadat, keunikan dari kota ini begitu besar.

Kalo kunjungan gue kesini memang udah dipersiapkan dari bulan Februari lalu, hahahahha lama banget yah. Kebetulan gue dapet tiket promo dibulan ini jadilah gue berangkat. And again, gue berangkat sendiri lagii…sendiri lagii…(kemudian nyanyi ala Nike Ardilla). Tapi bersyukurlah karena gue akhirnya ditemani oleh temen baik gue @ernestaputri yang kebetulan partnernya pun batal berangkat kebali (hehehee…kenapa deh Nest batalnya? ppfftt). Jalan-jalan gue kebali ini bisa dibilang singkat dan padat banget, udah kayak lontong yang iketannya banyak. Jadilah akhirnya gue bener-bener menikmati Bali cuma seharian ajah :(. Anyway perjalanan di Bali menurut gue menyenangkan dan KURANG PUAS buat gue. Gue pun ingin kembali kesini lagi, entah kapan gue HARUS kembali :)

Begitulah kira-kira ringkasan cerita jalan-jalan gue ditahun 2012 ini. Gue pun berharap ditahun depan gue bisa lebih BANYAK mengunjungi tempat-tempat yang menarik dan tentunya menyenangkan pula untuk gue dan gue berharap banyak tiket promo yang jadwalnya nggak bikin beteeee (cuti abis cuma buat jalan-jalan soalnya) serta ketemu dengan temen baru (baca : jodoh #eeaaaaa…….)

So….i’ll see ya next year in the next amazing trip!!!

xoxo

ega

Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D Bali with friends of mine :D

Bali with friends of mine :D

@baddiebey- #webstagram

Repost : Macam Tarian Tradisional Indonesia

TARIAN ADAT DI INDONESIA

Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia ini saya tulis dengan tujuan agar saya khususnya dan teman-teman pada umumnya agar lebih mengetahui jenis-jenis tarian daerah yang ada di Indonesia. Karena negara kita yang tercinta ini, Indonesia, mempunyai banyak sekali tarian-tarian daerah yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Masing-masing tari daerah mempunyai ciri-ciri dan mempunyai ke-khasan tersendiri dibanding dengan tarian yang lain.

Dengan mempunyai banyak sekali tarian daerah yang tersebar di seluruh nusantara, Indonesia merupakan negara terkenal dan terbaik karena kaya akan budaya, kaya akan kesenian dan kaya akan tari-tarian tradisional.

Dibawah ini teman-teman bisa melihat berbagai jenis tarian daerah nusantara yang tersebar di berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

1. Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.

tari seudati aceh 300x199 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Seudati

Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam

Tari Saman Meuseukat 300x216 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Saman Meuseukat

2. Tari-tarian Daerah Bali

Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.

Tari legong Bali Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari legong Bali

Tari Kecak, sebuah tari berdasarkan cerita dan Kitab Ramayana yang mengisahken tentang bala tentara monyet dari Hanuman dari Sugriwa.

Tari Kecak Bali 300x220 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Kecak

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius. Pencipta/koreografer bentuk modern tari ini adalah I Wayan Rindi.

tari pendet dari bali Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Pendet

3. Tari-tarian Daerah Bengkulu

Tari Andun, dari Bengkulu Selatan ini merupakan sebuah tarian guna menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Andun Bengkulu 300x180 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Andun

Tari Bidadari Teminang Anak, tarian ini dapat pula diartikan bidadari meminang anak. Tarian adat ini berasal dari Rejang Lebong.

Tari Bidadari Teminang Anak 300x208 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Bidadari Teminang Anak

4. Tari-tarian Daerah DKI Jakarta

Tari Topeng, merupakan sebuah tari tradisional Betawi dalam menyambut tamu agung.

Tari Topeng Betawi Jakarta 300x216 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Topeng

Tari Yopong, adalah tari persembahan untuk menghormati tamu negara.

Tari Yopong Betawi Jakarta Tari Yapong Betawi Jakarta 300x214 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Yopong

5. Tari-tarian Daerah Jambi

Tari Sekapur Sirih, merupakan tari persembahan. Tari adat jambi ini hanyak persamaannya dengan tari Melayu.

Tari Sekapur Sirih Jambi 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Sekapur Sirih

Tari Selampir Delapan, merupakan tari pergaulan muda-mudi dan sangat digemari di daerah Jambi.

Tari Selampir Delapan Jambi 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Selampir

6. Tari-tarian Daerah Jawa Barat

Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

Tari Topeng Kuncaran Jawa Barat 300x210 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Topeng Kuncaran

Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.

Tari Merak Jawa Barat 300x201 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Merak

7. Tari-tarian Daerah Jawa Tengah

Tari Serimpi, sebuah tarian keraton pada masa silam dengan suasana lembut, agung dan menawan.

Tari Serimpi Jawa Tengah 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Serimpi

Tari Blambangan Cakil, mengisahkan perjuangan Srikandi melawan Buto Cakil (raksasa). Sebuah perlambang penumpasan angkara murka.

Tari Blambangan Cakil Jawa Tengah 207x300 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Blambangan Cakil

8. Tari-tarian Daerah JawaTimur

Tari Remong, sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan. Ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Tari Remong Jawa Timur 300x224 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaTari Remong

Reog Ponorogo, merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

Tari Reog Ponorogo Jawa Timur 300x199 Macam Macam Tarian Tradisional IndonesiaReog Ponorogo

9. Tari-tarian Daerah kalimantan Barat

Tari Monong, merupakan tari penolak penyakit agar si penderita dapat sembuh kembali penari berlaku seperti dukun dengan jampi-jampi

Tari Monong Kalimantan Barat 240x300 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Monong

Tari Zapin Tembung, Merupakan suatu tari pergaulan dalam masyarakat Kalimantan Barat.

Tari Zapin Tembung Kalimantan Barat2 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Zapin Tembung

10. Tari-tarian Daerah Katimantan Selatan

Tari Baksa Kembang, merupakan tari selamat datang pada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga.

Tari Baksa Kembang Kalimantan Selatan Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Baksa Kembang

Tari Radab rahayu, di pertunjukan pada upacara tepung tawar, sebelum pengantin pria dan wanita di persandingkan.

Tari Radab rahayu Kalimantan Selatan Tari Radap 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Radab Rahayu

11. Tari-tarian Daerah Kalimantan tengah

Tari Tambun dan bungai, Merupakan tari yang mengisahkan kepahlawanan Tambun dan Bungai Dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat.

Tari Tambun dan bungai Kalimantan Tengah 300x199 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Tambun dan Bungai

Tari Balean Dadas, Merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit.

12. Tari-tarian : Daerah Kalimantan Timur

Tari Gong, di pertunjukan pada upacara penyambutan terhadap tatmu agung. Dapat pula di pertunjukan sewaktu lahir seorang bayi kepala suku.

Tari Gong Kalimantan Timur 266x300 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Gong

Tari perang, Tari yang mempertunjukan dua orang pemuda dalam memperebutkan seorang gadis.

Tari perang Kalimantan Timur 300x201 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari perang

13. Tari-tarian Daerah Lampung.

Tari Jangget, adalah tarian untuk upacar-upacara peradatan. Tarian ini melambangkan keluhuran budi dan susila rakyat Lampung.

Tari Jangget Lampung 300x270 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Jangget

Tari Malinting, merupakan sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat Lampung. Menceritakan tentang kunjungan Sunan Gunung Jati ke Keraton Pulung.

Tari Malinting Lampung Tari Melinting 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Malinting

14. Tari-tarian Daerah Maluku

Tari Lenso. merupakan tari pergaulan bagi segenap lapisan rakyat masyarakat Maluku.

Tari Lenso Maluku 300x224 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Lenso

Tari Cakalele, adalah tari Perang Yang melukiskan jiwa kepahlawanan yang gagah perkasa.

Tari Cakalele Maluku 300x206 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Cakalele

15. Tari-Tarian Daerah Maluku Utara

Tari Perang, Tarian rakyat untuk menyambut para pahlawan yang pualng dari medan juang.

Tari Perang Maluku Nusa Tenggara Timur 300x223 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Perang Maluku

Tari Nahar Ilaa, tarian pengikat persahabatan pada waktu “panas Pela” kesepakatan kampung untuk membangun.

16. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut Maulid Nahi Muhammad SAW. Tarian ini juga scring dipertunjukkan pada upacara-upacara perkawinan atau upacara khitanan keluarga raja.

Tari Mpaa Lenggogo Nusa Tenggara Barat 300x217 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Mpaa Lenggogo

Tari Batunganga, sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat. Mengisahkan tentang kecintaan rakyat terhadap putri raja yang masuk ke dalam batu. Mereka memohon agar sang putri dapat keluar dari dalam batu itu.

17. Tari-tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

Tari Perang, tari yang menunjukkan sifat-sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yang dipakai berupa cambuk dan perisai.

Tari Perang Nusa Tenggara Timur 300x199 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Perang Nusa Tenggara Timur

Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara khitanan. Tari ini berupa ucapan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan agar yang dikhitan sehat lahir batin dan sukses dalam hidupnya.

Tari Gareng Lameng Nusa Tenggara Timur Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Gareng Lameng

18. Tari-tarian Daerah Papua Barat dan Tengah

Tari Suanggi, tarian yang mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

Tari Perang, tari yang melambangkan kepahlawanan, dan kegagahan rakyat Papua.

Tari Perang Papua 300x200 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Perang Papua

29. Tari-tarian Daerah Papua Timur

Tari Selamat Datang, tari yang mempertunjukan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati.

Tari Selamat Datang Papua Timur Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Selamat Datang

Tari Musyoh, merupakan tari sakral dalam upaya mengusir arwah or¬ang meninggal karena kecelakaan.

20. Tari-tarian Daerah Riau

Tari Tandak, merupakan tari pergaulan yang sangat di gemari di daerah Riau.

Tari Tandak Riau Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Tandak

Tari Joged Lambak, adalah tari pergaulan muda-mudi, yang sangat populer dan disenangi.

Tari Joged Lambak 300x207 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Joged Lambak

21 Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan

Tari Kipas, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.

Tari Kipas Sulawesi Selatan 300x198 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Kipas

Tari Bosara, merupakan tarian untuk menyambut para tamu terhormat. Gerakan-gerakan badannya sangat luwes.

Tari Bosara Sulawesi Selatan Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Bosara

22. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tengah

Tari Lumense, tari dari Poso yang merupakan tarian selamat dating untuk menyambut tamu agung.

Tari Lumense Sulawesi Tengah Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Lumense

Tari Peule Cinde, termasuk pula tarian untuk menyambut tamu agung. Puncak acaranya adalah dengan menaburkan bunga bagi para tamu.

23. Tari-tarian Daerah Sulawesi Tenggara

Tari Balumpa, merupakan tari selamat datang dalarn menyambut tamu agung. Tari rakyat ini berasal dari Buton.

Tari Balumpa Sulawesi Tenggara 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Balumpa

Tari Dinggu, melambangkan sifat kegotong royongan dalam kerja bersama sewaktu menumbuk padi. Sentuhan alu pada lesung merupakan irama tersendiri yang menyentuh hati.

24. Tari-tarian Daerah Sulawesi Utara

Tari Maengket, merupakan tari pergaulan yang dilakukan secara berpasang-pasangan. Menggambarkan suasana kasih sayang dan cumbuan.

Tari Maengket Sulawesi Utara 300x200 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Maengket

Tari Polopalo, adalah tari pergaulan bagi muda-mudi daerah Gorontalo.

Tari Polopalo gorontalo Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Polopalo

25. Tari-tarian Daerah Sumatra Barat

Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari Piring Minangkabau Sumatera Barat 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Piring Minangkabau

Tari Payung : Ditarikan oleh sepasang muda-mudi dengan payung di tangan, sang pria melindungi kepala sang wanita, sebuah perlamban perlindungan lelaki terhadap wanita.

Tari Payung Minangkabau Sumatera Barat 300x224 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Payung

26. Tari-tarian Daerah Sumatra Selatan

Tari Tanggai, merupakan sebuah tarian dalam menyambut para tamu disertai upacara kebesaran adat.

Tari Tanggai Sumatera Selatan 300x199 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Tanggai

Tari Putri Bekhusek, artinya sang putri yang sedang bermain. Tari ini sangat populer di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan melamhangka kemakmuran daerah Sumatra Selatan.

Tari Putri Bekhusek Sumatera Selatan 300x180 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Putri Bekhusek

27. Tari-tarian Daerah Sumatra Utara

Tari Serampang Dua Belas, Sebuah tari Melayu dengan irama joged diiringi musik dengan pukulan gendang ala Amerika Latin. Serampang dua belas merupakan tari pergaulan.

Tari Serampang Dua Belas Sumatera Utara 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Serampang Dua Belas

Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk.

Tari Tor Tor Sumatera Utara 300x212 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Tor Tor

28. Tari-tarian Daerah Istimewa Yogyakarta

Tari Serimpi Sangu Pati, sebuah tarian keraton pada masalalu disertai suara gamelan dengan gerak tari yang lembut.

Tari Serimpi Sangu Pati Yogyakarta 300x184 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Serimpi Sangu Pati

Tari Bedaya, merupakan tarian keraton yang di tarikan oleh 9 putri dengan irama yang lemah gemulai.

Tari Bedaya Yogyakarta Tari Bedhaya Yogyakarta 300x225 Macam Macam Tarian Tradisional Indonesia

Tari Bedaya

Oke itu tadi adalah Macam-Macam Tarian Tradisional Indonesia. Kalau ada foto yang salah atau keliru, saya admin blog ini mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan tolong koreksi apabila ada kesalahan. Insya Allah nanti akan saya update terbaru apabila ada koreksi dari para pembaca. Karena capek juga buat artikel ini. Hampir 4 jam baru selesai. Karena harus mengumpulkan gambar-gambar tarian daerah yang sangat banyak. Mohon maaf apabila ada kesalahan.